84 Tahun Gunawan Wiradi: Refleksi ke Belakang untuk Daya Juang ke Depan

Teman-teman merayakan ulang tahun saya yang ke-84. Saya mengucapkan terima kasih.

Ulang tahun artinya tonggak bagi kita semua untuk merefleksi: apa yang pernah kita perbuat, apa hasilnya dan sebagainya, apa kekeliruan kita dan sebagainya, untuk menjadi pelajaran ke depan.

Di Mexico City sana, ada museum dimana di pintu keluarnya ada tulisan begini, “Kita meninggalkan museum, tapi tidak pernah meninggalkan sejarah”.

Kita belajar dari sejarah masa lalu untuk memperoleh kebijakan bagi masa kini. Dari masa lalu, kita belajar untuk mempunyai semangat ke masa depan. Jadi, tiap ulang tahun apa saja itu harus merefleksi ke belakang, untuk mempunyai daya juang ke depan.

Jadi, alhamdulillah saya dalam umur sekian masih diridhai oleh Tuhan untuk bisa katakanlah untuk berbincang-bincang dengan ananda, cucunda, semuanya. Mudah-mudahan kita ke depan bisa berbuat yang baik bagi bangsa kita semuanya, dan khususnya untuk membangun lembaga kita, tempat belajar kita bersama.

Terima kasih.

-Gunawan Wiradi-

One thought on “84 Tahun Gunawan Wiradi: Refleksi ke Belakang untuk Daya Juang ke Depan

  1. Sederhana namun penuh Makna, Semoga berkah selalu umurnya dan mudah-mudahan diberikan kesehatan dan kesempatan untuk terus berjuang demi tanah air yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =