Kendeng Menundukkan Kepala

Jakarta, Selasa, 21 Maret 2017

Sejak Senin 13 Maret 2017, warga pedesaan di kawasan bentang alam karst Kendeng memulai aksi kolektif untuk memprotes pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menanggapi penolakan warga kawasan Kendeng terhadap rencana pendirian dan pengoperasian pabrik Semen milik PT Semen Indonesia di Rembang dan semen lainnya di pegunungan Kendeng. Termasuk dalam ketidak-becusan tersebut antara lain adalah pengambilan keputusan dan tindakan yang mempermainkan hukum, termasuk mengecil putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang membatalkan Ijin Lingkungan; dan mengganggu usaha warga untuk mendapatkan keadilan atau membiarkan berlangsungnya gangguan dari pihak lain.

Sejak awal, seluruh peserta aksi #DipasungSemen2 didampingi dan dimonitor selalu oleh tim Dokter yang siaga di YLBHI dan di lokasi aksi. Aksi protes berlangsung setiap hari, dimulai dari siang sampai sore, dengan fasilitas sanitasi lapangan dan peneduh. Pada sore hari peserta aksi pulang ke tempat beristirahat dan menginap di YLBHI jalan Diponegoro Jakarta.

Kamis, 23 Maret 2017, datang menyusul kurang-lebih 55 warga dari kabupaten Pati dan Rembang bergabung melakukan aksi pengecoran kaki dengan semen.  Dua Puluh dari yang datang memulai mengecor kaki di hari Kamis tersebut. Bu Patmi adalah salah satu dari yang mengecor kaki dengan kesadaran tanggung jawab penuh. Beliau datang sekeluarga, dengan kakak dan adiknya, dengan seijin suaminya.

Senin sore, 20 Maret 2017, perwakilan warga diundang Kepala Kantor Staf Presiden, Teten Masduki untuk berdialog di dalam kantor KSP. Pada pokoknya, perwakilan menyatakan menolak skema penyelesaian konflik yang hendak digantungkan pada penerbitan hasil laporan KLHS yang sama tertutupnya dan bahkan samasekali tidak menyertakan warga yang bersepakat menolak pendirian pabrik semen PT Semen Indonesia dan Pabrik Semen lainnya di Pegunungan Kendeng tersebut.

Senin 20 Maret 2017, pada malam hari, diputuskan untuk meneruskan aksi tetapi dengan mengubah cara. Sebagian besar warga akan pulang ke kampung halaman, sementara aksi akan terus dilakukan oleh 9 orang. (Alm) Bu Patmi (45) adalah salah satu yang akan pulang sehingga cor kakinya dibuka semalam, dan persiapan untuk pulang di pagi hari.

Bu Patmi sebelumnya dinyatakan sehat dan dalam keadaan baik oleh Dokter. Kurang lebih pukul 02:30 dini hari (Selasa, 21 Maret 2017) setalah mandi, bu Patmi mengeluh badannya tidak nyaman, lalu mengalami kejang-kejang dan muntah. Dokter yang senang mendampingi dan bertugas segera membawa bu Patmi ke RS St. Carolus Salemba. Menjelang sampai di RS, dokter mendapatkan bahwa Bu Patmi meninggal dunia. Pihak RS St. Carolus menyatakan bahwa bu Patmi meninggal mendadak pada sekitar Pukul 02.55 dengan dugaan jantung. Innalillahi wa inna lillahi roji’un.

Pagi ini jenazah almarhumah bu Patmi dipulangkan ke desa Larangan, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati untuk dimakamkan di desanya. Dulur-dulur kendeng juga langsung pulang menuju Kendeng.

Kami segenap warga-negara Republik Indonesia yang ikut menolak pendirian pabrik semen di Pegunungan Kendeng berduka atas kematian bu Patmi dalam aksi protes penolakan di seberang Istana Presiden ini. Kami juga ingin menegaskan kekecewaan kami yang mendalam terhadap tumpulnya kepekaan politik para pengurus negara, termasuk pengingkaran tanggung-jawab untuk menjamin keselamatan warga-negara dan keutuhan fungsi-fungsi ekologis dari bentang alam pulau Jawa, khususnya kawasan bentang alam karst Kendeng. Sungguh ironis, bahwa di satu pihak pemerintah Republik Indonesia menggembar-gemborkan itikad dan tindakan untuk ikut menjadi resolusi sejati dari krisis perubahan iklim dan hilangnya keragaman hayati, menegakkan hukum dan melakukan pembangunan dari pinggiran. Kematian Bu Patmi menjadi saksi bagi seluruh dunia, bahwa warga masyarakat Indonesia masih harus menyatakan sikapnya sendiri karena tidak adanya pembelaan sama-sekali dari pengurus kantor-kantor pemerintah yang seharusnya mengurus nasib warga negara. Kami juga menyampaikan kepada kalangan berpendidikan tinggi yang justru memilih peran sebagai juru-sesat untuk mengaburkan duduk-perkara masalah yang tengah dilawan oleh warga kawasan bentang alam karst Kendeng, termasuk sebagian pengurus media massa bahwa upaya-upaya bangsa Indonesia dan kemerdekaan Republik Indonesia.

Koalisi Untuk Kendeng Lestari

CP :

Mokh Sobirin – Desantara [0822 2072 1419]
Muhamad Isnur – YLBHI [0815 1001 4395]

5 thoughts on “Kendeng Menundukkan Kepala

  1. HALO SEMUA ORANG, SILAHKAN PERHATIAN DAN BACA CERITA INI SEKSAMA.
    Saudara laki-laki dan perempuan tercinta saya ingin Anda sangat berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman dari internet, saya menyampaikan informasi ini karena saya tidak ingin Anda menjadi korban kecurangan pinjaman internet Saya ingin memberi tahu Anda bagaimana saya membaca beberapa surat palsu Kesaksian dan menjadi korban kecurangan pinjaman internet dan saya ditipu oleh beberapa kreditur di sini di situs ini karena saya memerlukan pinjaman untuk memulai bisnis sendiri .. mereka membuat hidup saya jadi tidak berguna, saya kehilangan hampir semua properti saya dalam proses mendapatkan Pinjaman dari internet saya sangat kesakitan saya menjadi sangat sakit dan saya dirawat di rumah sakit . Tapi kabar baiknya adalah bahwa ALLAH telah menyerahkan semua penderitaan saya kepada sukacita. Saya akhirnya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang andal, saya sangat terkejut ketika mendapat pinjaman dari Pemberi Pinjaman Ibrahim Maisara. Saya tidak pernah percaya bahwa masih ada pemberi pinjaman internet yang sah, saya bertemu dengan Ibu Ibrahim Maisara Lender. Saudara laki-laki dan perempuan saya, Anda harus waspada sehingga Anda tidak akan menjadi korban kecurangan pinjaman internet, saya menyarankan semua orang untuk mengajukan pinjaman dengan bijaksana sehingga Anda tidak akan menjadi mangsa penipuan scam internet. Jadi, saudara laki-laki dan perempuan tercinta saya jika Anda membutuhkan pinjaman dengan cepat hubungi pemberi pinjaman Ibu Ibrahim Maisara melalui email di .. ibrahimmaisaralenders@gmail.com, mereka adalah kreditur internet yang terpercaya yang saya tahu. Dia tidak tahu bahwa melakukan ini saya berdoa agar Tuhan memberkati mereka atas kebaikan yang telah mereka lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di septianas704@gmail.com untuk info lebih lanjut.
    Semoga Allah memberkati kalian semua

  2. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, inilah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda saat memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis pinjaman dengan suku bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individual mereka dan merayakan musim baru dengan senyuman di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} mariasednerloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Pinjaman tujuan: _____________
    Nomor telepon: ________
    ibu Maria

  3. Saya harus bersaksi tentang perbuatan baik yang dilakukan James Althouse Finance Firm untuk saya.
    Saya tidak pernah berpikir akan bertemu dengan seseorang seperti Mr. James. Dia adalah permata yang langka. Saya Aisyah Saya meluangkan waktu untuk bersaksi tentang Pak James karena dia akhirnya menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain.
    Suami saya dan saya pergi ke hutang besar-besaran dengan debitur dan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tapi tidak menghasilkan apa-apa. Sebagai gantinya mereka membawa kita ke hutang lebih banyak dan akhirnya membiarkan kita bangkrut sampai saya bertemu dengan Mr. James, dia menawarkan pinjaman meski pada awalnya saya takut akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang telah saya coba pinjam, tapi saya memiliki menemukan bahwa dia tidak seperti mereka. Sekarang kita akhirnya menyelesaikan hutang kita dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa untuk pinjaman.
    Hubungi Mr. James melalui email berikut.
    jamesalthousefinancefirm@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui email saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: aisyahtaufik23@gmail.com

  4. saya sentiasa gembira kerana saya bertemu dengan syarikat ini saya mendapat pinjaman saya (2 juta ringgit) yang saya gunakan untuk membeli tanah ladang saya, saya tinggal di Johannensburg, africa selatan, saya telah menghubungi banyak pemberi pinjaman pinjaman tetapi kebanyakan mereka tidak sesungguhnya kerana semua yang mereka lakukan adalah untuk mengumpul lebih banyak wang dari orang-orang dan tidak pernah memberi mereka pinjaman mereka tetapi syarikat ini menandakan berbeza, itu adalah kawan saya yang memperkenalkan saya kepada syarikat ini bahawa dia mendapat pinjaman dari syarikat dan saya telah melihat banyak kesaksian di internet bagaimana syarikat menggunakan untuk membantu orang di seluruh dunia tidak kira anda, maka saya menghubungi mereka untuk pinjaman saya dan mereka meminta kad id saya dan butir-butir saya supaya saya menyerahkan semua dokumen yang mereka bertanya kepada saya dan saya juga juga membayar yuran pemindahan kerana mereka berkata saya perlu membayar itu maka saya tidak mempunyai pilihan daripada membayar kerana saya tahu syarikat ini tidak boleh gagal saya, maka selepas setiap perkara saya mendapat pinjaman saya pada hari yang sama … jadi saya mahu luangkan masa saya untuk bersaksi di seluruh dunia untuk pemberi pinjaman pinjaman yang baik ini QUART COMPANY HEART ER berada di AFRIKA SELATAN, mereka memberikan pinjaman dalam apa jua kemampuan dan saya percaya mereka boleh membantu anda juga seperti saya, jadi anda boleh bersaksi juga, dan saya juga berdoa tuhan itu akan terus memberkati mereka untuk kerja-kerja baik mereka, SYARIKAT EMAIL VIA frankqueens64@gmail.com atau whatsapp dia di +2349057770649

  5. Selamat siang

    Saya datang dengan sangat hormat kepada Anda, untuk menawarkan layanan saya kepada Anda dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%. Akibatnya saya adalah Elia. direktur pinjaman perusahaan pemodal bersih saya yang mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada orang serius yang ingin mendapatkan pinjaman pribadi untuk bisnis atau untuk mewujudkan mimpinya. Mau yang sebenarnya, mau konkret, entah kualitasnya, dengan perusahaan kita anda akan puas. Kami membuat impian Anda proyek kami.

    SILAHKAN KONTAK LANGSUNG KEPADA DIREKTUR KAMI:

    nomor whatsapp: +2349035555247

    Jangan ragu dengan menghubungi kami sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 16 =