[Diskusi dan Peluncuran Buku] Hutan dan Manusia di Bioregion Papua: Potret Kondisi dari Masa ke Masa

Masyarakat adat yang ada di wilayah Papua telah banyak merasakan ketidakadilan dalam jangka waktu yang lama. Termasuk ketidakadilan terhadap akses kebenaran informasi, terutama tentang kondisi hutan, tanah, dan program-program pembangunan lainnya. Ketidakadilan informasi ini membawa masyarakat adat ke dalam situasi dimana mereka mengalami kerugian dan dalam posisi yang lemah pada konflik-konflik yang terjadi dalam pengelolaan sumberdaya alam.

Hutan di Bioregion Papua merupakan hutan hujan tropis terakhir yang berada di wilayah Indonesia Timur. Wilayah Bioregion Papua terdiri dari Papua, Papua Barat dan Kepulauan Aru. Hutan sudah menjadi bagian kehidupan yang tak terpisahkan dari masyarakat adat Papua. Hasil analisa FWI, sampai tahun 2018 luas hutan alam di Bioregion Papua menyisakan sekitar 33 juta hektar atau 81% dari daratan. Meskipun demikian, Keberadaan hutan alam di Bioregion Papua terus mengalami tekanan kerusakan. Industri-industri ekstraktif berbasis lahan secara masif dan sistematis terus mengkonversi hutan alam dan menghilangkan sumber-sumber kehidupan masyarakat.

Tahun 2019 lalu FWI bersama Sajogyo Institute telah melakukan studi mengenai potret kondisi hutan dan manusia di Bioregion Papua dan mengemasnya menjadi sebuah buku. Dengan harapan bisa digunakan sebagai referensi berbagai macam stakeholder dalam menciptakan adanya keadilan informasi tentang pengelolaan sumber daya alam, keberlanjutan pengelolaan hutan di Bioregion Papua. Kini, FWI bermaksud membuat wadah diskusi yang dikemas dalam sebuah diskusi bertema “Hutan dan Manusia di Bioregion Papua”. Diskusi tersebut bertujuan untuk memberikan peningkatan pemahaman dan kesadaran publik untuk terlibat dalam penyelamatan hutan di Bioregion Papua.

Kegiatan diskusi dan peluncuran buku akan diselenggarakan pada:

Hari : Jumat, 26 Juni 2020
Pukul : 13.30 WIB – Selesai / 15.30 WIT – Selesai
Melalui : Zoom & Youtube channel Forest Watch Indonesia

Link Registrasi : tiny.cc/webinarFWI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + two =