Ruang Baca Puan (Putaran 1: Memahami Ekofeminis Bersama Vandana Shiva)

Ruang Baca Puan adalah kelompok baca yang digagas Tim Kerja Perempuan dan Tambang (TKPT) dan Fellow peneliti Sajogyo Institute untuk mengajak anak-anak muda, khususnya perempuan memahami situasi tanah air lewat mendalami pemikiran-pemikiran kritis mengenai ekologi politik dan Ekofeminis.

Kali ini kita belajar dengan membaca karya-karya pemikir dekolonial dan aktivis perempuan dari India, Vandana Shiva. Proses belajar akan diampu oleh Dr. Haris Retno S (Pengajar & Ketua Pusat studi Hukum Perempuan dan Anak Fakultas Hukum, Universitas Mulawarman) dan Siti Maimunah (Sajogyo Institute; WEGO-ITN/ Marie Slodowska Curie Fellow, Universitas Passau Jerman).

Putaran belajar ini akan berlangsung 5 (lima) kali putaran selama Juli-Agustus 2020. Pendaftaran: https://forms.gle/bxLtcr47uFyRT6sG6 (paling lambat Senin, 15 Juni 2020).

Nara Hubung:

Sarah Agustio R. 0812-5556-7264, Sartika 0823-9336-6694

Proses Belajar

• Tiap putaran belajar dilakukan dalam 4 (empat) kali pertemuan online pada jam 10.00-12.00 WB tiap Sabtu pertama dan ketiga setiap bulannya, sebelum ditutup dengan workshop menulis Essay.

• Sebelum diskusi, peserta wajib membaca dan mereview bahan baca yang disediakan, dan secara bergantian diberikan kesempatan menjadi pemantik diskusi. Panduan penyusunan review mengikuti: http://pppm.stpn.ac.id/…/rachman-luthfi-bibliografi-beranot…,

• Selama proses belajar, peserta akan mendapat akses bacaan (sebagian dalam Bahasa Inaggris) dan teman diskusi kritis yang asyik.

Syarat Peserta

1.Berumur kurang dari 35 th, mendaftarkan melalui https://forms.gle/bxLtcr47uFyRT6sG6 dan mengirim satu halaman surat motivasi paling lambat 15 Juni 2020 ditujukan kepada Panitia Ruang Baca Puan: [email protected] Isi surat motivasi adalah menyatakan: a) Apa alasan anda mengikuti proses belajar ini? b. Bagaimana anda memandang persoalan perempuan hari ini dan hubungannya dengan lingkungan? c. Apa harapan anda setelah mengikuti proses belajar ini?

2.Bersedia mengumpulkan essay minimal 2 halaman dengan tema “Ekofeminis dan Pandemik” seminggu setelah putaran ruang baca berakhir.

3.Nama Peserta akan diumumkan pada 20 Juni 2020.

Waktu, Tema dan Bahan Baca

4 July 2020 – Sesi 1 : Mari Bicara Ekofeminis
Ecofeminism, karya Maria Mies & Vandhana Shiva (1993), merupakan literatur penting untuk mengidentifikasi dan memahami hubungan antara penindasan Perempuan dan Perusakan Lingkungan Hidup.

18 July 2002 – Sesi 2: Ekologi Politik dan Gender
Staying Alive; Woman, Ecology and Survival in India – Vandhana Shiva (1988). Buku ini menggambarkan hubungan krisis ekologis, patriarki, penjajahan dan gender.

1 August 2020 – Sesi 3 : Pembangunan Ekstraktif Vs Demokrasi Bumi
Pertama, Soil Not Oil – Vandhana Shiva (2008). Buku ini mengoreksi pandangan kita tentang diri dan hubungan dengan alam, termasuk pola produksi-konsumsi kita yang mematikan alam dan kemanusiaan. Kedua, wawancara dengan DemocracyNow “Oneness VS 1% 2020”. Oneness simbol bahwa manusia berada dalam satu habitat, satu planet dan satu kemanusiaan. (video: https://www.youtube.com/watch?v=GwxOxQ1AOEg)

15 August 2020 – Sesi 4: The Commons dan Pandemik
Pertama, The Commons – Giovanna Ricoveri (2013) dengan pengantar dari Vandhana Sihiva. Buku ini memaparkan tentang ruang hidup bersama atau ‘The commons” yaitu sumber daya pendukung kehidupan bersama. Bahan bacaan kedua, artikel Vandana Shiva “ecological reflections on the coronavirus” 2020 https://medium.com/…/ecological-reflections-on-the-coronavi…

29 August 2020 – Sesi 5: Workshop menulis Essay. Fasilitator tamu Siti Nurrofiqoh (Untuk Umum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + three =