[Sinematik #5] Oligarki Industri Batu Bara dan Krisis Sosio-Ekologis

Daya tarik Batu Bara masih begitu kuat bagi para pemodal besar. Tahun 2015, 6.400 IUP dinyatakan clean and clear. Kalimantan menduduki jumlah IUP terbesar sebanyak 2.700 IUP, menyusul Sumatera.

Namun, daya tarik batu bara meminta tumbal manusia dan lingkungan. 3.033 lubang bekas tambang masih menganga tanpa penanganan khusus. 140 anak tewas terjatuh ke lubang bekas tambang itu.

Di sisi lain, Industri Batu Bara telah menciptakan jaringan oligarki baru yang mampu mendesak kontrol negara. Di salah satu provinsi di Kalimantan saja, hanya tiga orang yang menguasai usaha tambang batu bara.

Berfokus pada Industri Batu Bara yang pekat Oligark dan pelaku utama kerusakan sosial-ekologis, pertanyaannya adalah bagaimana jaringan oligarki ini tercipta? Apa dan bagaimana cara oligarki industri Batu Bara mempengaruhi Negara? Dan apa langkah kecil untuk mendobrak semua ini?

Sajogyo Institute dan Koalisi Bersihkan Indonesia, mengundang kawan-kawan dalam serial Sinematik #5 bertema “Oligarki Industri Batu Bara dan Krisis Sosio-Ekologis”, pada Selasa, 12 Mei 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Untuk registrasi, silakan mengisinya di sini: http://bit.ly/2SN5IYm 

Sinematik #5 akan berlangsung melalui platform zoom, dengan meng-klik tautan berikut: https://bit.ly/3fuTQno

Catatan untuk partisipan Serial Diskusi Online:

1. Kapasitas partisipan di Zoom Meeting Host Sajogyo Institute terbatas hanya 100 orang. Sehingga, bila kuota sudah penuh, kawan-kawan dapat tetap ikut serta melalui kanal Youtube dan Facebook kami.

2. Selama siaran online berlangsung, hanya Pembicara dan Moderator yang dipersilakan berbicara (unmuted mode) dan video. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir noise distraction saat diskusi berlangsung.

3. Peserta (participants) diskusi online ketika bergabung ke Zoom Meeting Host Sajogyo Institute akan otomatis disenyapkan (muted mode dan no video) oleh Host.

4. Participants hanya dapat memberikan pertanyaan melalui fitur pesan (chat) dengan mengirim pesan kepada semua orang (everyone). Format pertanyaan: Nama _ Lembaga/Organisasi/Institute/Komunitas _ Pertanyaan

5. Host Sajogyo Institute akan merekam proses siaran online ketika dimulai.

6. Secara bersamaan siaran langsung diskusi online juga akan ditayangkan di kanal Youtube Media Sajogyo Institute.

Narahubung: Ganies (0878-8292-0366)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 13 =