Sinematik #7: Kapitalisme, Reorganisasi Ruang dan Krisis Sosio-Ekologis

Masuknya Kapital Besar (baik dari Negara maupun Korporat) di Indonesia berkonsekuensi pada perubahan (reorganisasi) ruang besar-besaran.

Reorganisasi itu terlihat jelas dengan masuknya Kapital ke sektor-sektor perkebunan sawit, properti, tambang dan infrastruktur. Fenomena ini menyebabkan perubahan drastis pada ruang sosio-ekologis. Konflik agraria pun tak terhindarkan. Data terakhir di tahun 2019, konflik agraria telah meningkat 279 kasus.

Pertanyaannya, apa dampak jangka panjang dari reorganisasi ruang akibat rembesan Kapital Besar itu? Bagaimana mengatasi krisis sosio-ekologis tersebut?

Sajogyo Institute dan Koalisi Bersihkan Indonesia, mengundang kawan-kawan dalam SINEMATIK #7 bertema “Kapitalisme, Reorganisasi Ruang dan Krisis Sosio-Ekologis”, pada Sabtu, 16 Mei 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Untuk registrasi, silakan mengisinya di sini: http://bit.ly/2SwMwOr

SINEMATIK #7 akan berlangsung melalui platform zoom dengan meng-klik tautan berikut: https://zoom.us/j/7919980437

Narahubung: Ganies (0878-8292-0366)

Catatan untuk partisipan SINEMATIK:

  1. Kapasitas partisipan di Zoom Meeting Host Sajogyo Institute terbatas hanya 100 orang. Sehingga, bila kuota sudah penuh, kawan-kawan dapat tetap ikut serta di kanal Youtube kami.
  2. Selama siaran online berlangsung, hanya Narasumber dan Moderator yang dipersilakan berbicara (unmuted mode) dan video. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir noise distraction saat diskusi berlangsung.
  3. Peserta (participants) diskusi online ketika bergabung ke Zoom Meeting Host Sajogyo Institute akan otomatis disenyapkan (muted mode dan no video) oleh Host.
  4. Participants hanya dapat memberikan pertanyaan melalui fitur pesan (chat) dengan mengirim pesan kepada semua orang (everyone). Format pertanyaan: Nama _ Lembaga/Organisasi/Institute/Komunitas _ Pertanyaan
  5. Host Sajogyo Institute akan merekam proses siaran online ketika dimulai.
  6. Secara bersamaan siaran langsung diskusi online juga akan ditayangkan di kanal Youtube Media Sajogyo Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =