Sinematik #8: Fenomena RUU vs Krisis Sosio-Ekologis: Quo Vadis Indonesia?

Sejak pertengahan 2019, publik sudah dikejutkan dengan bergulirnya RUU Pertanahan, di samping Perubahan UU KPK dan RUU KUHP. Fenomena RUU ini kembali muncul menjelang 2020 dengan bergulirnya empat RUU Omnibus Law, seperti Cipta Kerja, Ibukota Negara, Perpajakan dan Kefarmasian. Bahkan, RUU Minerba (yang tidak diketahui alur prosesnya oleh publik) tiba-tiba sudah masuk ke level pengesahan menjadi UU.

Di sisi lain, keadaan sosio-ekologis Indonesia semakin hari semakin kompleks. Tercatat, 684.000 hektar hutan per-tahun musnah. Sedangkan perubahan ruang hidup menjadi lahan tambang dan perkebunan sawit semakin hari semakin meluas.

Mengapa RUU tersebut lahir, bahkan prosesnya dikebut tanpa diketahui publik? Apa dampaknya fenomena RUU ini terhadap krisis sosio-ekologis? Sejauh apa RUU dapat membantu rakyat dan ekologi dari lingkaran krisis? Atau malah, maraknya RUU dan UU yang baru-baru ini disahkan justru makin membuat krisis sosio-ekologis semakin dalam dan melebar?

Sajogyo Institute dan Koalisi Bersihkan Indonesia, mengundang kawan-kawan dalam serial Sinematik #8 bertema “Fenomena RUU vs Krisis Sosio-Ekologis:Quo Vadis Indonesia?”, pada Selasa, 19 Mei 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Untuk registrasi, silakan mengisinya di sini: http://bit.ly/2T8xbUw

Sinematik #8 akan berlangsung melalui platform zoom, dengan meng-klik tautan berikut: https://zoom.us/j/7919980437.

Narahubung: Ganies (0878-8292-0366)

Catatan untuk partisipan Serial Diskusi Online:

  1. Kapasitas partisipan di Zoom Meeting Host Sajogyo Institute terbatas hanya 100 orang. Sehingga, bila kuota sudah penuh, kawan-kawan dapat tetap ikut serta melalui kanal Youtube dan Facebook kami.
  2. Selama siaran online berlangsung, hanya Pembicara dan Moderator yang dipersilakan berbicara (unmuted mode) dan video. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir noise distraction saat diskusi berlangsung.
  3. Peserta (participants) diskusi online ketika bergabung ke Zoom Meeting Host Sajogyo Institute akan otomatis disenyapkan (muted mode dan no video) oleh Host.
  4. Participants hanya dapat memberikan pertanyaan melalui fitur pesan (chat) dengan mengirim pesan kepada semua orang (everyone). Format pertanyaan: Nama _ Lembaga/Organisasi/Institute/Komunitas _ Pertanyaan
  5. Host Sajogyo Institute akan merekam proses siaran online ketika dimulai.
  6. Secara bersamaan siaran langsung diskusi online juga akan ditayangkan di kanal Youtube Media Sajogyo Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + one =