SINEMATIK #12: Membedah Pemikiran Sajogyo

Berbicara Sajogyo maka tidak akan terlepas dari pembicaraan masalah agraria, kemiskinan, gizi, pembangunan pedesaan, LSM dan sosiologi pedesaan. Pemikiran Sajogyo tidak akan lepas dari ‘keberpihakan kepada kaum termiskin dari kaum miskin’.

Konsep pemikiran Sajogyo terkenal karena rumit namun menyeluruh; sangat global, tapi tidak pernah lepas dari kenyataan-kenyataan lapang yang mikro. ‘Prinsip politik’-nya, yaitu mengangkat martabat lapisan paling bawah dalam masyarakat pedesaan menjadi masyarakat mandiri dan berdikari, baginya, adalah utama dan harus didekati menyeluruh dan tuntas.

Apakah pemikiran Sajogyo relevan dalam konteks politik kebijakan agraria saat ini di mana bagi Sajogyo,muara permasalahan kemiskinan dan gizi berada pada masalah ketimpangan penguasaan agraria? Dan, seiring berjalannya waktu, apakah pemikiran Sajogyo tetap relevan di tataran alam pemikiran anak muda di zaman sekarang? Jika relevan, poin apa saja yang perlu untuk diperhatikan oleh anak muda?

Sajogyo Institute mengundang kawan-kawan dalam serial Sinematik #12 bertema “Membedah Pemikiran Sjaogyo”, pada Selasa, 25 Agustus 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Registrasi: http://bit.ly/SINEMATIK12

Link Zoom: https://zoom.us/j/7919980437.

Live-Streaming di kanal kami: https://www.youtube.com/channel/UCALsxauXPE99fOfLgeUB0dg

Narahubung: Iqbal (0858-1038-8301)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 1 =