SINEMATIK #15: Membedah Pemikiran Pudjiwati Sajogyo

Pada tahun 1970 seringkali isu perempuan atau gender secara umum sering dikaitkan dengan isu pembangunan negara women and development. Situasi ini banyak memunculkan pandangan bahwa isu gender kala itu tidak terlalu banyak bermuatan kritis. Apabila dipahami lebih lanjut bahwa pandangan ini nampaknya tidak benar karena studi perempuan kala itu juga sudah menyingung isu, partisipasi, peranan dan waktu kerja perempuan.

Pujiwati Sajogyo telah melihat permasalahan ini sejak tahun 1970 hingga 1990. Permasalahan perempuan di Indonesia (dari permasalahan agraria hingga ketenagakerjaan) menjadi fokus bahasan beliau. Konsep Kerja Perempuan dalam analisis dinamika ketenagakerjaan hingga menjadi pionir berdirinya Pusat Studi Wanita di seluruh Indonesia, membuktikan kontribusi Pudjiwati dalam studi perempuan di Indonesia.

Oleh karena itu, diskusi ini bertujuan untuk membedah dan mengangkat kembali pemikiran Pudjiwati Sajogyo dan relevansinya terhadap perkembangan isu gender di pedesaan saat ini.

Sajogyo Institute mengundang kawan-kawan dalam serial Sinematik #15 bertema “Membedah Pemikiran Pujiwati Sajogyo”, pada jumat, 4 September 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Registrasi: bit.ly/SINEMATIK15

Link Zoom: https://zoom.us/j/7919980437

Live-Streaming di kanal kami: https://www.youtube.com/channel/UCALsxauXPE99fOfLgeUB0dg

Narahubung: Iqbal (0858-1038-8301)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 1 =