Working Paper

2020

Penulis: Ciptaningrat Larastiti, Tirza Pandelaki, dan Renal Rinoza

Working paper ini merupakan studi awal mengenai penghidupan petani dan tantangannya di dalam ekspansi komodifikasi dan mekanisme pasar. Working paper ini menggabungkan analisis data kuantitatif yang diperoleh (dan dikumpulkan) dari sensus pemerintah (BPS) dan studi meja dari studi terdahulu mengenai petani di Indonesia.

2017

Penulis: Surya Saluang (ed), Ahmad Jaetuloh, Syaukani Ichsan, Rindu Hartoni, Budiono Zaini, Sony J. Sitoena, dan Waris Lakek

Kontributor: Risman Buamona, Ganies Oktaviana, Iqbal Assegaf, Maksum Syam, Ahmad Hamdani, Renal Rinoza

Pasca putaran riset mengenai tata tenurial lokal di Halmahera pada tahun 2012 (yang kemudian menghasilkan publikasi buku berjudul, Perampasan Ruang Hidup; Cerita Orang Halmahera, Tanah Air Beta, Yogyakarta 2015, perhatian pada konteks pengetahuan lokal menjadi semakin menguat dalam berbagai cara. Sebelumnya, semenjak tahun 2008, Sajogyo Institute sendiri telah mengembangkan berbagai kajian studi agraria, dalam kerangka melihat konflik dan menginisiasi kebijakan serta bagaimana memberi warna pada gerakan sosial agraria. Kalaupun menggali aspek-aspek lokal juga, masih lebih banyak berfokus pada lokalitas Jawa.

2017

Penulis: Syaukani Ichsan

Apa yang terbesit di dalam benak anda ketika mendengar kata “kopi”? Pikiran orang akan langsung tertuju pada suatu hidangan minuman. Memiliki rasa pahit, berwarna hitam, diseduh dengan menggunakan air panas, dapat menghilangkan rasa kantuk, dan lain sebagainya. Tentunya ketika mendengar kata “kopi” akan banyak sekali penjelasan yang coba untuk disampaikan. Melalui satu kata ini, kita secara tidak langsung sedang mengurai satuan yang tersusun di dalam kopi itu sendiri.

2017

Penulis: Sony J. Sitoena

Laporan ini hendak mengurai dan memaparkan perubahan sosial-ekologis dataran tinggi, Mamasa. Ada tiga titik yang menjadi lokasi pemeriksaan: Kampung Pereangan (Mamasa sebelah barat), Kampung Balla (Mamasa bagian tengah) dan kampung Nosu (Mamasa sebelah timur). Masing-masing lokasi memiliki fokus yang berbeda yang saling terkait satu dengan yang lain. Dataran Mamasa yang terletak sepanjang pegunungan Quarles tak luput dari gempuran perubahan yang datang dari luar. Berbagai perubahan, tekanan, serta pergolakan dalam beberapa periode menciptakan satu pembingkian ulang kehidupan orang Mamasa.

2017

Penulis: Rindu Hartoni Capah

Riset ini berupaya mempelajari bagaimana mekanisme masuknya material plastik yang pada akhirnya menyampah di kampung mempengaruhi perubahan Sosial-Ekologis di Pulau Moti. Riset ini dirasa perlu, sebab pada intinya plastik itu adalah bagian akhir dari proses produksi yang digunakan untuk kemasan. Dan di pulau Moti, itu pada akhirnya bersifat klientele-hedonik. Plastik hanyalah objek material untuk masuk membaca pada apa yang berubah di kampung. Meskipun riset ini berupa perspektifis, tetapi sangat unik dan masih langka orang membicarakan dampak masuknya plastik. 

1

2

3

4

Categories
Stay Connected with Us!

Jalan Malabar No.22 Bogor, Indonesia, 16151
Telp/Fax (0251) 8374048
Email: eksekutif@sajogyo-institute.org

© 2021 Sajogyo institute

KABAR TERBARU!