Working Paper

Tanah, Air, Beta

2016

Penulis: Mega Rizky Sia

Sejarah panjang kemandirian warga dalam mengelola air pun tergantikan dengan cerita kekeringan dan ketergantungan air pada perusahaan. Semua cerita ini berlangsung di desa Babakan Pari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Ada Emas di Hulu, Si Pamali Ngigelan Jaman

2016

Penulis: Ahmad Jaetuloh, Aidar Sopalatu, Muhsin Badjeber

Di Desa Cisungsang kegiatan penambangan emas mendapatkan pembenarannya berdasarkan siloka atau cerita orang tua (nenek moyang) mereka, bahwa nanti di desa Cisungsang akan memperoleh emas yang berlimpah dan warganya tidak akan kesusahan karena kandungan emas tidak akan pernah habis. Maka, ketika cerita itu terbukti, kegiatan menambang emas pun menjadi pekerjaan utama yang dilakukan oleh warga desa, selain bertani yang masih tetap dilakukan. Namun demikian, ramalan tentang melimpahnya emas di desa Cisungsang perlahan akan menipis. Hal ini juga berdasarkan sebuah ramalan orang tua-tua yang menyebut bahwa “Akan terjadi suatu masa di mana emas semangkuk akan ditukar dengan beras semangkuk”.

Kampung Gunung Sanggar

2016

Penulis: Waris Lakek, Syaukani Ichsan, Rindu Hartoni Capah, Rinal Rinoza

Kampung Gunung Sanggar merupakan sebuah perkampungan yang dibentengi pegunungan di sekelilingnya. Perkampungan yang begitu hening ini terletak di ketinggian antara 600-1500 mdpl. Penyebutan kampung lebih identik untuk menyebutkan satu-kesatuan bentang alam yang menjadi ruang hidup bersama. Karena itu penamaan kampung identik dengan nama tempat (toponim) serta ekosistem yang mengitarinya. Beberapa gunung yang mengaping kampung antara lain adalah Gunung Sanggar, Gunung Hanjawong, Gunung Pancaniti, Gunung Datar Rengit, Bukit Buligir, Gunung Batu Gudang dan Gunung Pakuan. 

Karawang: Dari Lumbung Padi ke Lumbung Pabrik

2016

Penulis: Rahmat Marsaoly

Orang Sukaluyu yang tak tahu apa-apa tentang dunia industri harus menjual lahan pertaniannya kepada perusahaan dan pengusaha kaya, karena didukung dengan pemerintah yang memberikan iming-iming lapangan pekerjaan yang luas dan dunia usaha baru. Akibatnya, orang Sukaluyu kehilangan tanah sebagai tempat tinggal asalnya, hanya karena mengejar-ngejar sesuatu bernama uang.

Pengorganisasian Perempuan Desa

2016

Penulis: Fijrianti Safrudin

Dimulai dengan hadirnya bentuk-bentuk penguasaan sumber-sumber agraria oleh negara dan swasta dalam bentuk areal perkebunan dan kehutanan, akan beriringan dengan lepasnya akses dan kontrol petani terhadap lahan garapannya. Hadirnya perusahaan perkebunan dan kehutanan bermodal besar ini, khususnya di desa Dangiang Kecamatan Cilawu, yakni perkebunan teh skala besar milik PTPN VIII Dayeuh Manggung telah menyebabkan terjadinya proses pelepasan akses dan kontrol petani atas lahan garapannya. 

1

2

3

4

Categories
Stay Connected with Us!

Jalan Malabar No.22 Bogor, Indonesia, 16151
Telp/Fax (0251) 8374048
Email: eksekutif@sajogyo-institute.org

© 2021 Sajogyo institute

KABAR TERBARU!