Working Paper

Desaku Sekolahku: Sarimukti

2016

Penulis: Ismunandar

Begitu dekatnya kampung Cikahuripan dengan Lembah Papandayan dan sungai Cipandai. Hanya saja, kedekatan ruang tidak serta merta mendekatkan orang dengan tanah dan airnya. Ketika jarak tidak lagi sekadar urusan matematika, melainkan masuk ke dalam urusan politik kekuasaan. 

Balada Ali dan Sarniti

2016

Penulis: Muzril Musa

Balada kehidupan Ali dan Sarniti merupakan gambaran dari keadaan rumah tangga golongan lemah saat ini, yang khas dan khususnya banyak terdapat di pulau Jawa. Sebuah pulau dengan sejarah pertanian yang gemilang, namun didera penjajahan demikian rupa, sampai didera ekspansi kapitalisme pembangunan hingga hari ini. Masih jutaan orang petani di pulau Jawa hari ini, tidak memiliki tanah. Dan kita tidak benar-benar paham bagaimana mereka bertahan hidup.

Jaringan Penolakan Industri Tambang di Pegunungan Kendeng Utara

2016

Penulis: Maksum Syam

Tulisan ini menyinggung soal jaringan penolakan terhadap perusahaan tambang di Pegunungan Kendeng Utara, yang terdiri dari beragam aktor dengan latar yang berbeda. Berbagai kajian sebelumnya tentang gerakan perlawanan terhadap perusahaan tambang hanya menguraikan kontribusi beragam aktor terhadap gerakan sosial. Penting untuk memahami pola keterhubungan beragam aktor baik di tingkat lokal maupun nasional, sekaligus keterbentukan identitas kolektif dalam mencapai tujuan bersama.

Hidup di Lumbung Minyak

2016

Penulis: Ahlan Maneke

Melirik di balik bangunan Pertamina RU VI Balongan. Sebelum berdirinya bangunan ini sebenarnya kehidupan apa dulunya. Saya sempat bertemu dengan beberapa orang dan saling bercerita mengenai perubahan-perubahan situasi di kampung sejak kehadiran Pertamina. Tulisan ini merupakan cuplikan dari banyak keluh-kesah derita masyarakat yang kampungnya sudah dirangsek habis oleh Pertamina.

Dunia Harian di Kota Bungsu

2016

Penulis: Ganies Oktaviana

Sukasari merupakan salah satu kampung dari beberapa kampung yang membentuk Desa Sukajadi. Ada lima kampung lainnya di Desa Sukajadi, antara lain Kampung Sukajadi, Kampung Babakan Cipinang, Kampung Dukuh, Kampung Kadu Pinang, dan Kampung Cidarema. Kampung Sukasari terletak di pesisir pantai dan sekaligus di pinggir jalan antar provinsi. Sekitar 80% pemukiman di kampung ini berada di pesisir laut dan juga pinggiran jalan.

5

6

7

Categories
Stay Connected with Us!

Jalan Malabar No.22 Bogor, Indonesia, 16151
Telp/Fax (0251) 8374048
Email: eksekutif@sajogyo-institute.org

© 2021 Sajogyo institute

KABAR TERBARU!