Badan Eksekutif

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram
Maksum Syam
Direktur Eksekutif

Lahir di Sinjai, Sulawesi Selatan, pada tahun 1985. Pendidikan terakhirnya yang ditempuhnya S2 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (2017) dengan focus kajian tesis gerakan sosial masyarakat Kendeng. Sejak mahasiswa tingkat sarjana di Makasar, ia banyak terlibat dalam gerakan-gerakan mahasiswa. Hal ini berpengaruh dalam focus penelitian dan studinya dalam Sajogyo Institute terhadap gerakan sosial agraria dan pedesaan.

Syiqqil Arofat
Wakil Direktur Eksekutif

Lahir di Sumenep, Madura, Juli 1984. Telah menempuh pendidikan Sarjana di Jurusan Sosiologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat dan pendidikan Pasca-Sarjana Sosiologi Universitas Indonesia. Ia sudah lama berkecimpung dalam dunia penulisan, seperti pernah menjadi wartawan dan editor media online tentang pemberantasan korupsi, pernah menjadi penulis dan editor jurnal ilmiah. Fokus penelitiannya saat menempuh pendidikan pascasarjana terhadap kontestasi kuasa antara petani dan perusahaan tambang di Rembang, menarik dirinya untuk mendalami masalah-masalah agraria, gerakan sosial dan pemiskinan perempuan

Gilang Maulana
Manajer

Lahir pada tahun 1989 di Jakarta, lahi dan besar di Depok. Lulus dari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Jurusan Informatika (2019). Saat ini tinggal di Jakarta Bersama istri dan  anak perempuannya. Bergabung dengan Sajogyo Institute sejak Agustus 2015. Saat ini bekerja di bagian Administrasi dan Keuangan Sajogyo Institute.

Rini Anggraeni
Pembukuan

Lahir di Bogor pada 19 Mei 1994. Anak pertama dari 4 bersaudara ini sudah menikah di tahun 2015 dan sudah di karuniai anak 1 perempuan berusia 5 tahun. Telah menempuh pendidikan S-1 jurusan Komputerisasi Akuntansi di Universitas Bogor dan lulus pada tahun 2016. Berniat untuk kembali melanjutkan sekolah perpajakan. Mulai bergabung di Sajogyo Institute di tahun 2013.

Ganies Oktaviana
Divisi Pendidikan dan Pelatihan

Lahir di Bekasi pada tahun 1992. Ia merupakan lulusan jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB. Selama kuliah, aktif dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang berfokus pada riset dan konservasi. Studi skripsi yang diangkatnya berfokus pada konflik sumber daya alam di Kendeng, Pati, Jawa Tengah. Sempat terlibat dalam banyak kegiatan riset di berbagai lembaga setelah lulus kuliah. Mulai aktif bergiat di Sajogyo Institute sejak tahun 2015. Kegiatannya selama menjadi mahasiswa membawa pengaruh terhadap fokus penelitiannya di Sajogyo Institute terhadap masalah agraria dan krisis sosial-ekologis dan gender.

Ahmad Hamdani
Divisi Kaji Tindak Partisipatoris

Lahir pada 17 Agustus 1988 di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Lulus sebagai Sarjana Pertanian jurusan Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan Institut Pertanian Bogor (2015). Sejak tahun 2015, aktif sebagai peneliti di Sajogyo Institute, hingga sekarang. Ketertarikannya adalah terhadap masalah ketimpangan agraria dan dampaknya terhadap masalah sosial-ekonomi masyarakat pedesaan, dan studi reforma agraria di Indonesia.

Ahmad Jaetuloh
Divisi Kampanye dan Advokasi

Lahir di Sumpiuh pada tahun 1992. Ia merupakan lulusan Sarjana Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan llmu Politik Universitas Soedirman (2015). Sejak masa-masa mahasiswa, ia aktif dalam berbagai kegiatan penelitian, survey kuantitatif dan beberapa kajian penelitian kualititatif. Memiliki ketertarikan khusus pada budaya dan mistisisme Jawa, khususnya budaya Banyumasan, yang turut mendorong dirinya bersama kawan-kawannya padaa saat masih menjadi mahasiswa mengaktifkan kembali komunitas riset bersama, bernama Lingkar Kajian Banyumas. Aktif bergiat di Sajogyo Institute sejak 2015. Ketertarikannya terhadap budaya, industrialisasi dan ekonomi pedesaan dan reforma agraria menjadi fokus penelitiannya di Sajogyo Institute.

Kiagus M. Iqbal
Divisi Pengelolaan Data, Dokumentasi dan Informasi

Lahir di Bogor pada tahun 1994. Ia merupakan lulusan Hukum Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (kini Institut Agama Islam) Tazkia, Bogor (2012-2016).  Sebelumnya, sempat aktif dalam organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bogor (2015-2016) dan Lembaga Pers Mahasiswa Islam Cabang Bogor (2017-2018). Aktif bergiat di Sajogyo Institute sejak 2019. Ketertarikannya terhadap ekonomi politik di era Revolusi Industri 4.0, pengaruhnya terhadap semakin parahnya permasalahan sosial ekonomi, berakar pada masalah ketimpangan agraria yang semakin dalam dan parah, serta masalah partisipasi masyarakat yang timpang berdasar status dan stratifikasi sosial-ekonomi dan penguasaan sumber agraria,  menarik dirinya untuk aktif bergiat dan belajar di Sajogyo Institute.

Siti Mulyani Safitri
Manajer

Biasa dipangil Ani, lahir pada 1995 di Bogor. Lulus sebagai sarjana Ilmu Sejarah Universitas Jember pada 2018. Selama berkuliah aktif mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Sejarah dan beberapa acara kegiatan di kampus. Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Jember, sempat memilih melanjutkan untuk mengajar di salah satu sekolah dasar negeri di Kota Bogor. Ia mulai bergabung  Sajogyo Institute di tahun 2019 sebagai staf kesekretariatan.

Dera Esa Kartini
Divisi Pengelolaan Aset

Biasa dipanggil Dera, lahir di Magelang pada tahun 1986. Lulus Diploma III Ekowisata, Sekolah Vokasi, Institut Pertanian Bogor (2007). Sebelum berkarir di Sajogyo Institute, Dera sempat bekerja sebagai Guest Relation Officer di salah satu Resort di Bogor. Masuk Sajogyo Institute sejak 2018 sebagai admin secretariat dan junior secretary.

Kusnadi
Divisi Kebersihan dan Keamanan

Kusnadi, yang kerap akrab disapa Coim, merupakan putra asli Kota Bogor. Aktif dalam aktivitas seni dan banyak berkolaborasi dengan seniman Bogor. Aktivitas bermusiknya telah menciptakan jejaring seniman di seluruh wilayah Bogor maupun Luar Bogor. Ia merupakan salah satu personel Oncom Hideung, kelompok musik yang aktif dalam mengadvokasi dan mengkritisi kebijakan pemerintah terutama terhadap kawan-kawan sesama seniman jalanan. Kini, ia aktif dalam pengembangan usaha mandiri di bidang penyablonan dan produksi baju yang bertujuan menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pemuda jalanan. Ia juga masih sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan musik dan pembuatan lagu-lagu yang ciamik nan kritis.

Stay Connected with Us!

Jalan Malabar No.22 Bogor, Indonesia, 16151
Telp/Fax (0251) 8374048
Email: eksekutif@sajogyo-institute.org

© 2021 Sajogyo institute

KABAR TERBARU!