[Berita Kegiatan] Sinematik #3: Kerja, Kesehatan, Keluarga: Perempuan Menghadapi Pandemi

Sabtu, 25 April 2020, Sajogyo Institute telah mengadakan Serial Diskusi Online Tematik (SINEMATIK) edisi ketiga. Diskusi daring melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan di kanal Youtube Media Sajogyo Institute ini mengusung tema “Kerja, Kesehatan, Keluarga: Perempuan Menghadapi Pandemi”.

Diskusi dimulai pukul  10.00 WIB dan dibuka oleh Moderator Ganies Oktaviana. Narasumber diskusi adalah Supinah (Koordinator Divisi Perempuan KSN), Vivi Widyawati (Perempuan Mahardika), dan Melani Abdulkadir-Sunito (Pengajar Studi Gender Fakultas Ekologi Manusia).

Pemaparan awal diberikan oleh Supinah, dengan membawakan materi “Risiko Pandemi Covid-19 terhadap Buruh Perempuan”. Materi diawali dengan pengalaman personal sebagai mantan buruh, menceritakan seperti apa kondisi kerentanan buruh perempuan: faktor produksi, faktor domestik, serikat yang belum mengakomodir kebutuhan, dan tidak beraninya buruh perempuan dalam menyuarakan pendapatnya.

Setelah pandemi, kerentanan buruh perempuan meningkat 2 kali lipat. Buruh perempuan dihadapkan dengan ketidakpastian kerja/pendapatan. Faktor kesehatan juga terabaikan dan tidak ada proteksi dari perusahaan yang berpotensi terpapar Covid-19. Pemerintah belum aware terhadap risiko buruh perempuan. Mati! Mungkin semua orang akan menghadapinya, tetapi kini tergantung pilihan penyebabnya. [JMN/KMI]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + thirteen =