Masyarakat Desa Bunga, Kabupaten Sigi Membentuk Forum Petani Untuk Percepatan TORA

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Pada Selasa, 15 Maret 2022 merupakan hari paling membahagiakan bagi masyarakat Desa Bunga. Sejak pagi, sebanyak 20 warga dari 60 undangan telah berkumpul di Kantor Desa untuk melakukan kegiatan yang paling mereka tunggu-tunggu: pembentukan Forum Petani Karere Desa Bunga. Dalam sejarah masyarakat Desa Bunga, belum pernah ada sebelumnya dibentuk forum petani bagi seluruh masyarakat Desa Bunga. Oleh karenanya, pembentukan Forum Petani Karere adalah momentum penting sejarah peradaban mereka.

Forum ini dibentuk atas kesadaran masyarakat akan pentingnya solidaritas kuat dalam memperjuangkan hak mereka terhadap lahan bekas HGU PT. TSK yang sebelumnya telah diterlantarkan selama hampir 20 tahun. Forum ini tentunya akan mengawal proses yang berkaitan dengan kebutuhan percepatan TORA. Seperti advokasi pelepasan lokasi bekas HGU PT.TSK hingga melakukan konsolidasi subjek calon penerima TORA. Sehingga dapat dikatakan, Forum Petani Karere adalah cikal bakal forum petani yang dibentuk di Kabupaten Sigi untuk merespon kegentingan Reforma Agraria.

Dalam pertemuan tersebut, anggota Forum Petani Karere pun membagi tugas dalam rangka persiapan pelepasan bekas HGU PT. TSK untuk TORA. Antara lain menentukan kriteria prioritas subjek calon penerima TORA dan melakukan pendataan kembali agar akurat. Pendataan ini dilakukan bersama para ketua RT. Selain melakukan kerja di basis, anggota Forum Petani Karere juga terus mengadvokasikan kebutuhan mereka kepada Bupati dan pihak-pihak terkait. Tuntutan Forum Petani Karere adalah pihak pemegang izin bekas HGU PT. TSK, yaitu Ajub Willem Darawia untuk kooperatif segera membuat pernyataan tertulis melepaskan izin HGU PT. TSK yang sebenarnya telah berakhir di tahun 2018. Sebab pemegang izin telah melanggar hukum, yaitu menelantarkan HGU selama hampir 20 tahun dan tidak memperpanjang masa izin HGU dalam masa tenggang 2 tahun ketika jatuh tempo di tahun 2018 (terhitung sudah 4 tahun berakhir masa izin HGU).

Melalui Forum Petani Karere ini masyarakat Desa Bunga sangat berharap dapat tercapai apa yang mereka usahakan bersama Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Sigi dalam mempercepat TORA. Munculnya Forum Petani Karere Desa Bunga juga menjadi penanda semakin membaranya semangat masyarakat, khususnya petani dalam menuntut keadilan agraria bagi semua.

Bersama kabar ini, Sajogyo Institute mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Desa Bunga. Semoga langkah ini dapat pula dijadikan contoh baik bagi petani-petani di daerah lain. Berdaulat dan Jayalah Petani Indonesia!

 

Struktur Forum Petani Karere Desa Bunga

Dewan penasehat:

  • Kades Bunga(Markus Yalimpha)
  • Sekdes Bunga (Ans Gantuada)
  • Sekretaris BPD (Ibu Yeni Putong)

Ketua : Moris

Sekretaris: Kiswanto

Bendahara: Misri

Anggota: seluruh masyarakat Desa Bunga

More to explorer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =

KABAR TERBARU!