Sekolah Baku Jaga Hutan (BAJAHU)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sekilas tentang Sekolah BAJAHU

Sekolah Baku Jaga Hutan (BAJAHU) merupakan agenda pendidikan kritis yang diselenggarakan oleh Sajogyo Institute, bekerja sama dengan Rainforest Action Network (RAN). Di samping membahas kerangka teoretik dan studi kritis terhadap Kebijakan Sumber-Sumber Agraria, Sekolah BAJAHU menekankan pada studi empirik melalui penelitian turun lapang ke wilayah penelitian yang ditentukan oleh Sajogyo Institute.

Apa Tujuan Sekolah BAJAHU?

Sekolah Bajahu bertujuan untuk mengajak Pemuda dan Pemudi untuk mengikuti satu proses pendidikan yang cukup intens tentang bagaimana komunitas dapat keluar dari ekonomi ekstratif yang merusak keberlangsungan hutan dan beralih ke ekonomi yang mementingkan keberlanjutan Sumber-Sumber Agraria.

Sekolah ini juga bertujuan untuk menghadirkan ruang baku belajar antar komunitas masyarakat hutan agar dapat beralih dari ekonomi ekstraktif ke ekonomi berkelanjutan.

Apa yang Diharapkan Setelah Peserta Mengikuti Sekolah BAJAHU?

Setelah selesai melakukan pendidikan Sekolah BAJAHU, para peserta diharapkan mampu untuk menjadi dinamisator terutama bagi komunitas mereka. Dinamisator yang dimaksud adalah individu yang kritis dan sadar akan situasi di sekitarnya.

Kehadiran dinamisator tentu akan dapat membantu banyak hal, mulai dari pemetaan awal situasi hutan, melakukan proses belajar bersama (penyadaran) dengan warga kampung, membantu mencari jalan keluar dari permasalahan, dan dapat membantu kegiatan strategis dan taktis ketika dalam keadaan kritis.

Syarat-syarat Mendaftar Menjadi Peserta Sekolah?

  1. Calon peserta aktif dalam komunitas masyarakat atau organisasi mahasiswa
  2. Usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun
  3. Calon Peserta diprioritaskan: Perempuan, berasal dari Indonesia Timur, dan/atau terlibat dalam advokasi satu kasus terkait konflik agraria
  4. Menulis essay bertema “Hutan dan Keselamatan Rakyat: Ancaman dan Harapan” (format penulisan essay: panjang essay 1000-3000 kata, ukuran A4, font Times New Roman, ukuran font 12, margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas dan bawah 3 cm)
  5. Mengisi formulir peserta pada tautan https://bit.ly/DaftarBAJAHU
  6. Bagi pendaftar yang mewakili instansi atau organisasi wajib melampirkan surat rekomendasi dari instansi atau organisasi terkait dalam formulir
  7. Deadline pendaftaran hingga 31 Juli pukul 23.59 WIB (1 Agustus pukul 00.59 WITA, pukul 01.59 WIT)

Alur Seleksi seperti apa?

Ketentuan bagi Para Peserta yang Lolos

  1. Bagi pendaftar yang lolos seleksi akhir akan kita hubungi via email dan nomor handphone yang terdaftar pada formulir
  2. Pendaftar yang telah lolos seleksi akhir wajib mengirimkan surat pernyataan yang menyatakan bahwa bersedia mengikuti 100% kegiatan selama lebih dari 2 (dua) bulan (kehadiran kelas online dan offline, tugas kelas, lapangan, dan pasca lapang). Surat pernyataan akan dikirim setelah dihubungi oleh tim panitia seleksi
  3. Biaya transportasi pulang-pergi (Bogor – asal peserta), ditanggung oleh peserta. Biaya lainnya ditanggung oleh Sajogyo Institute.

More to explorer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =

KABAR TERBARU!