SINEMATIK #14: Membedah Pemikiran Sediono M.P. Tjondronegoro

Banyak orang yang tidak begitu mengetahui siapa Sediono M.P. Tjondronegoro dan apa kontribusi pemikirannya. Tjondronegoro, seorang Guru Besar Sosiologi Pedesaan IPB, berkontibusi besar terhadap gagasan pembangunan pedesaan (terutama pembangunan kelembagaan desa) di Indonesia.

Bagi Sajogyo (2001), konsep Sodalitas memiliki fungsi penting dalam pemetaan politik substantif dalam usaha pemberdayaan masyarakat desa. Bagi Tjondronegoro, permasalahan pembangunan pedesaan yang semakin rumit di tingkat desa perlu melihat secara lebih mikro, yaitu melalui tingkat dukuh, dan melihat antara keterikatan masyarakat desa (secara formal maupun tradisi).

Pemikiran Tjondronegoro begitu luas, dari masalah agraria, ketahanan pangan, transmigrasi, dampak teknologi pertanian terhadap petani gurem dan buruh tani hingga masalah pemberdayaan masyarakat desa.

Seberapa jauh kontribusi pemikiran Tjondronegoro dalam pembangunan masyarakat tani di desa hingga hari ini, hingga ia bahkan dijuluki “Professornya Kaum Tani”?

Sajogyo Institute mengundang kawan-kawan dalam serial Sinematik #14 bertema “Membedah Pemikiran Sediono M.P. Tjondronegoro”, pada Senin, 1 September 2020, pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Registrasi: http://bit.ly/SINEMATIK14

Link Zoom: https://zoom.us/j/7919980437.

Live-Streaming di kanal kami: https://www.youtube.com/channel/UCALsxauXPE99fOfLgeUB0dg

 

Narahubung: Iqbal (0858-1038-8301)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 15 =