Bedah Film dan Diskusi Online “Kesetrum Listrik Negara”

Pada 4 September 2020, Watchdoc meluncurkan film dengan judul “Kesetrum Listrik Negara”. Film ini diawali dengan adegan lonjakan tagihan listrik yang dialami oleh sekitar seratus ribu pelanggan dan sempat memanas dalam obrolan media sosial. Adegan ini menjadi titik tolak dalam membongkar kondisi Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang memang sedang mengalami kerugian.

Ada tiga alasan utama di balik kerugian PLN: (1) masalah finansial, seperti tersanderanya PLN oleh mekanisme take or pay yang mengharuskan PLN untuk membeli listrik dari perusahaan listrik swasta, foreign exchange loss, dan penurunan penjualan; (2) masalah tata kelola, seperti tingginya biaya operasi dan besarnya oversupply melalui pembangunan beberapa PLTU dengan skala besar di grid Jawa-Bali; dan (3) oligarki bisnis ketenagalistrikan yang terus mengeruk keuntungan dalam kubangan rentetan krisis sosio-ekologis.

Judul film “Kesetrum Listrik Negara” merupakan metafora dari kekagetan masyarakat karena tiba-tiba tertimpa masalah kelistrikan (lonjakan tagihan). Namun, benarkah masalah kelistrikan yang muncul tak terduga tersebut sekedar berasal dari kekacauan perhitungan pihak PLN? atau justru merupakan cipratan masalah dari ragam krisis yang terakumulasi di dalam sistem PLN? Kalau benar demikian, sejak kapan dan bagaimana berbagai krisis mengerogoti dan terakumulasi dalam sistem PLN, yang akhirnya harus ditanggung oleh negara?

Sajogyo Institute dan Bersihkan Indonesia mengundang kawan-kawan dalam Diskusi dan Bedah Film Online “Kesetrum Listrik Negara” pada Sabtu, 19 September 2020 dalam dua sesi waktu:

Sesi I (10.00 – 12.00 WIB)

Dian Yanuardy (Peneliti Sajogyo Institute)

Topik: Akar historis privatisasi ketenagalistrikan dan ragam persoalannya

 

Hindun Mulaika (Greenpeace Indonesia)

Topik: Menemukan Demoktatisasi Ketenagalistrikan

 

Sesi II (16.00 – 18.00 WIB)

Egi Primayogha (Indonesia Corruption Watch)

Topik: Oligarki dan Korupsi di Sektor Ketenagalistrikan

 

Bambang Tri Dahana (Lembaga Informasi Perburuhan Sedane [LIPS])

Topik: Menyoal pertumbuhan ekonomi, Industrialisasi rakus listrik, dan krisis sosio-ekologis

 

Registrasi: bit.ly/KesetrumListrikNegara

Link Zoom: https://zoom.us/j/7919980437 (Password: 3n3rg1)

Live-Streaming di kanal kami: https://www.youtube.com/channel/UCALsxauXPE99fOfLgeUB0dg

 

Narahubung:

Iqbal (0858-1038-8301)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =